23 Mei 2011

Drama Korea Layak ditonton



1.                  Coffee Prince (MBC, 2007)

Cerita dimulai dari seorang gadis yang hidup susah dan harus bekerja keras demi keluarganya GooEun Chan (Yoon Eun Hye), yang akhirnya bekerja pada sebuah kedai kopi milik  Han Kyul (Gong Yoo), putra pengusaha yang belum menemukan tujuan hidup di usia yang memasuki 30 tahun. Eun Chae menyamar menjadi pria demi bekerja di dalam kedai kopi yang seluruh karyawannya pria.
Han Kyul banyak terinspirasi Eun Chan yang pantang menyerah dan selalu semangat. Bahkan Han Kyunl diam-diam jatuh cinta pada Eun Chan. Tapi karena Han Kyul mengira Eun Chan seorang pria, terjadilah dilema besar menghantui hidupnya. Benar-benar lucu ketika melihat Han Kyul  stres menghadapi masalah hatinya itu. Ketika akhirnya Eun Chan mengaku dirinya perempuan, Han Kyul marah besar. Han Kyul pun menyatakan perasaannya dengan kemarahannya, “Tadinya saya sudah siap hidup sebagai gay demi kamu. Ternyata kamu perempuan? Kamu tahu betapa hancurnya hati saya sebelum ini?” Meski hatinya hancur akibat dibohongi, Han Kyul tak bisa tinggal diam. Dia tak mau Eun Chan jatuh ke pelukan sepupunya, Han Sung (Lee Sun Gyun).Banyak adegan lucu drama ini adalah ketika Han Kyul yang mulai mengira dirinya gay.Kombinasi 2 artis remaja yang beranjak dewasa sebagai pemeran utamanya yaitu, Gong Yoo dan Yoon Eun Hye dapat membuktikan kepiawaiannya sebagai pencetak serial laris. Yoon Eun Hye yang tampil super manis dan cantik sebagai Shin Chae Kyung di Princess Hours luntur di balik pakaian kasual dan gerak-geriknya yang seperti cowok. Sementara, Gong Yoo yang pernah bermain dibeberapa film komedi seperti She’s an Agent dan She’s on Duty sudah pasti bisa memikat hati penggemar drama ini dengan gaya lucunya. Coffee Prince sukses mencetak rating tertinggi 30,8 sebagai salah satu tontonan nomor satu musim itu.

2.                  Boys before flower (KBS, 2008)

Serial produksi KBS ini memang menjadi fenomena tak terduga dari industri serial hallyu (FullStar). Sebelum penayangan perdananya di Indonesia , Boys before flower di Korea serial ini pun mendapat rating tinggi dan menjadi pembicaraan seru di kalangan pecinta serial korea. Film yang diadaptasi dari manga karangan Yoko Kamio dan Drama asal Jepang berjudul Hana Yori Dango yang juga pernah sukses besar di Taiwan dengan judul Meteor Garden ini dinyatakan sebagai drama adaptasi terbaik. Di luar kisahnya yang dibuat menjadi khas Korea yang diselingi komedi, tata artistik megah, lagu soundtrack baru yang cukup menarik. Pembentukan imej karakter F4 Korea terbilang berhasil. Goo Jun Pyo (Lee Min Ho), Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong), So Yi Jung (Kim Bum), dan Song Woo Bin (Kim Joon) dengan cepat menarik perhatian penggila serial Korea, sekaligus mendapatkan penggemar baru. Meski dibayangi Meteor Garden (MG) dan Hana Yori Dango (HYD) yang sukses lebih dulu, Boys before flower ternyata mampu bersaing dengan drama yang mengangkat cerita dari Manga yang sama. Perolehan ratingnya di Korea mencatat angka spektakuler, 35,5 pada episode 18, dan ditutup dengan angka 34,8 di episode terakhir. Di Filipina, rating episodenya pertama mencapai 24,6, dan langsung menempati posisi ke-8 dari peringkat 10 besar acara berating tinggi. Di Taiwan posisinya langsung mencuat di tiga besar, terutama sejak kedatangan Lee Min Ho dan Goo Hye Sun ke sana. Di Indonesia, tak perlulah bicara soal rating. Karena jawabannya sudah pasti sama dengan Negara lain yang juga terserang Korean wave.

3.                  He is Beautiful (SBS, 2009)

Drama Hallyu yang satu ini mengangkat cerita tentang kehidupan seorang calon biarawati yang memjadi anggota baru Band A.N.Jell terkenal yang terdiri dari 3 pria; Hwang Tae Kyung (Jang Geun Suk), Kang Shin Woo, Jeremy (keduanya CN Blue Member).Demi menggantikan Kakak laki-laki-nya yang lolos audisi namun mengalami kegagalan operasi kelopak mata, Go Min Nyu (Park Shin Hye) berperan sebagai Go Min Nam (Park Shin Hye) kakak laki-lakinya dan membatalkan niatnya untuk pergi ke Roma sebagai pelayan Tuhan. Kehidupannya pun berubah 180  derajat ketika mulai menyadari perasaan cinta pada leader Band Hwang Tae Kyung (Jang Geun Suk). Cerita drama Komedi ini menjadi drama terpopuler di Korea pada tahun 2009. Para pemain drama ini juga mendapatkan sorotan khusus dari gaya rambut pemeran utama pria yang selalu berganti-ganti sampai pemeran utama wanita yang dianggap meniru seniornya Yoon Eun Hye yang bermain dalam Drama Coffe Prince(2008) sebelumnya. Untuk rating drama yang ditayangkan SBS ini di negara asalnya menempati posisi pertama. Entah karena pada tahun tersebut drama lain tidak begitu menarik atau ada hal lain, yang jelas 2 pemeran utama He is Beautiful mendapatkan lebih banyak lagi penggemar di Asia salah satunya Indonesia. Bukan hanya dramanya saja tetapi soundtrack drama ini pun ikut terkenal. Walaupun awalnya hanya Band dalam cerita drama, namun beberapa penggemar drama ini lebih setuju jika keempat personel dalam cerita tersebut benar-benar membentuk sebuah Band. Salah satu alasan lain selain karena drama ini sudah pasti karena keempat pemeran benar-benar bisa bermain alat musik dan bernyanyi seperti di dalam dramanya. Maka demi penggemar He is Beautiful dan Band A.N.Jell diseluruh dunia mulai awal 2010 SBS dan manajemennya membentuk sebuah website khusus yaitu, www.anjell.com.

4.                  Playful Kiss (MBC, 2010)

Lagi-lagi drama adaptasi Manga yaitu, karya dari Kaoru Tada, Itazura Na Kiss. Kali ini Drama yang sukses besar di negara asalnya, walaupun setelah 2 kali cerita yang sama dibuat menjadi drama oleh Jepang (Itazura Na Kiss) dan Taiwan (It started with Kiss). Pemeran Utama pria yang sudah dikenal lebih dahulu dalam drama Boys Before Flower, yaitu Kim Hyun Joong terpilih sebagai pemeran utama pria karena polling yang diadakan MBC sebelumnya. Sekilas Playful Kiss memiliki awal cerita yang hampir sama persis dengan Manga dan drama Itazura Na Kiss dan diakhiri dengan cerita yang nyaris sama dengan sekuel kedua It started with Kiss yaitu They Kiss again. Namun Playful Kiss membuat cerita sendiri yang tentunya seru untuk diikuti para pecinta drama korea. Playful Kiss sendiri sejak sebelum di-remake MBC sudah menjadi pembicaraan hangat dikalangan netter atau netizen korea. Namun, Playful Kiss belum ditayangkan di Indonesia. Drama 16 episode ini pun dibuat dengan gaya khas korea dan menjadi salah satu drama populer yang memiliki rating cukup memuaskan dari awal hingga akhirnya.

5.                  My Princess (MBC, 2010)

Untuk drama satu ini jelas penggemar drama korea tidak bisa meragukan penampilan aktor dan aktris yang terbilang senior seperti Kim Tae Hee dan Song Seung Hoon. Cerita tentang negara yang akan merubah status kekuasaan dari presidential menjadi monarki untuk mengingatkan rakyat tentang kerajaan jaman dahulu kala. My Princess bercerita tentang seorang gadis biasa yang bekerja paruh waktu sebagai costplay putri kerajaan jaman dahulu yang lengkap dengan Han Boknya, Lee Seoul (Kim Tae Hee) adalah keturunan satu-satunya dari raja  dinasti Lee. Lee Seoul adalah mahasiswa jurusan sejarah yang jatuh hati pada dosen sejarahnya sendiri. Sementara Park Hae Young (Song Seung Hoon) adalah pewaris dari DaeHan Group yang diminta sang kakek untuk mencari dan mendidik sang putri yang akan menjadi kepala negara Korea. Sang kakek yang dulu mengambil uang milik kerajaan untuk memulai bisnisnya dan tidak sengaja menyebabkan kematian Putra mahkota sebelumnya merasa bersalah pada keluarga kerajaan dan berniat untuk mengembalikan semua hartanya pada keluarga kerajaan ketika sang putri sudah diangkat secara resmi sebagai pemimpin kerajaan baru itu. Pastinya, akting para senior dalam drama ini menjadi penyebab rating drama My Princess  cukup tinggi. Drama 16 Episode ini pun menjadi comeback untuk 2 artis senior ini setelah cukup lama tidak tampil dalam drama besar seperti Endless Love ataupun Spring Waltz. Dan Walaupun diproduksi tahun lalu drama ini belum ditayangkan di Indonesia.

6.                  My Fair Lady (KBS, 2010)

Dari Castnya saja jelas drama ini menarik perhatian pecinta drama Korea. Yoon Eun Hye akan dipasangkan dengan Yoon Sang Hyun. Cerita tentang pewaris manja dari keluarga kaya raya pemilik Kang San group Kang Hye Na yang selalu membuat pusing kepala kakeknya yang sudah tua. Selain itu Hye Na juga memiliki sifat keras dan arogan yang membuat banyak orang tidak menyukainya. Untuk mengajari Hye Na tentang disiplin, Kakeknya menyewa assisten rumah tangga khusus yang juga bertugas untuk mengawasi cucu kesayangannya itu, yaitu Seo Dong Chan. Dong Chan adalah mantan gigolo yang banyak hutang demi mengobati sang ibu. Dong Chan yang memiliki pengalaman buruk saat bertemu dengan Hye Na akhirnya harus bisa menerima keputusan sang Kakek. Hye Na yang pembangkang dan selalu mempermalukan nama keluarganya itu ternyata rela melakukan kerja sosial demi pria idamannya Lee Tae Hyun. Namun, seiring berjalannya waktu, Hye Na akhirnya menyadari jika Dong Chan-lah yang selalu ada disampingnya dan mengajarinya. Cerita ini Juga termasuk produksi KBS yang sukses meraih rating lumayan tinggi. 16 episode dari drama ini juga menjadi Drama yang belum pernah ditayangkan di Indonesia. So, buat pecinta drama Korea yang ingin menyaksikan drama komedi ini harus sabar. Atau, kalau tidak sabar sebaiknya segera mengkoleksinya.

7.                  Oh My Lady (SBS, 2010)

Cerita tentang aktor idola yang memiliki banyak skandal, Sung Min Woo (Choi Si Won) yang tiba-tiba saja mendapati dirinya yang single telah memiliki anak dari mantan kekasihnya yang kabur ke US untuk menikah lagi dan meninggalkan anak semata wayang mereka Ye Eun (Kim Yu Bin) untuk dirawat oleh sang ayah. Sung Min Woo benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukannya untuk mengurus bocah 6 tahun yang tidak bisa bicara karena trauma masa kecilnya. Untuk merawat Ye Eun dan menghindari skandal besar ini tercium wartawan, Min woo membuat kontrak kerja sama dengan wanita yang sempat dikenalnya sebagai pembantunya dulu yang sekarang bekerja pada sebuah perusahaan show drama musikal panggung, Yoon Gwe Hwa (Chae Rim). Gwe Hwa adalah janda satu anak yang terpaksa bekerja serabutan demi anaknya terutama karena mereka di usir dari kontrakan mereka dan Gwe Hwa harus menitipkan anaknya pada mantan suaminya. Cerita tentang dilema ayah muda yang terkenal dan pengasuh anak yang baik hati ini diselingi komedi segar yang sangat menarik. Walaupun ratingnnya tinggi dan ceritanya menarik. Sayangnya Oh My Lady! belum ditayangkan di Indonesia. Di Korea drama ini cukup menarik perhatian. Selain karena dibintangi artis senior Chae Rim yang terkenal dengan drama All about Eve, pemeran utama pria adalah member dari group idola remaja Super Junior. Tentunya film ini semakin menarik saja karena cast yang bermain super lucu didalam Oh My Lady! menunjukkan kebolehan mereka mendapatkan peran baru sesuai dengan umur mereka sekarang.

8.                  Dream High(KBS2, 2011)

Impian adalah sesuatu yang harus dikejar dan diperjuangkan. Dream High adalah karya dari JYP alias Jae Young, Park yang dikenal sebagai aktor multi talented dan musisi hebat di Korea. Cerita drama ini bermula tentang seorang Go Hye Mi (Suzy-MissA) yang nyaris kehilangan mimpinya sebagai seorang penyanyi yang akan belajar di Julliard Institute of Music. Sebagai putri dari keluarga yang cukup mapan namun akhirnya dikejar hutang ayahnya, Go Hye Mi masuk ke Kirin High School yang dianggapnya menciptakan artis dengan musik sampah. Go Hye Mi yang selalu membanggakan kemampuannya bernyanyi seriosa ini akhirnya masuk ke sekolah pencetak pop idol dan tinggal di rumah salah seorang gurunya bersama 2 orang sahabatnya,  Jing Guk/Yoon Shin Hyuk dan Song sam Dong. Meski awalnya sulit bagi Hye Mi untuk beradaptasi namun akhirnya dia justru menemukan impiannya disana. Dream High yang bercerita tentang persahabatan dan impian anak muda sebenarnya cocok untuk ditonton anak-anak muda jama sekarang ini. Ceritanya yang dibumbui komedi serta akting dari JYP sendiri dan 4 episode awal juga dibintangi oleh Bae Young Jun yang terkenal dalam Winter Sonata, sukses meraih rating tinggi diawal tahun 2011 ini. Soundtracknya sendiri dikenal luas oleh para penggemar idola-idola muda di Korea. Sayangnya, lagi-lagi drama satu ini belum ditayangkan di Indonesia. Dream High sendiri memiliki 16 Episode dan Plus satu episode spesial yang mengundang cast drama Hallyu ini untuk bertemu dengan fans drama ini dalamsebuah mini konser.


1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'bacicus naur form', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya

    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2708/1/Kommit2000_informasi_19.pdf

    terima kasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus