26 Mei 2011

Notasi Formal - Pengolahan Data Elektronik (part 1)


NOTASI FORMAL


I.  Tingkatan Formalitas

Sebelum membahas lebih tentang Notasi formal, ada baiknya kita mengenal Tingkatan formalitas yang digunakan untuk menyatakan segala sesuatu dalam Ilmu Komputer. Kalimat, pernyataan ataupun statement yang dinyatakan dalam Bahasa Inggris atapun bahasa Jerman merupakan bahasa natural, sebab umumnya dalam pernyataannya kalimat-kalimat dalam bahasa tersebut tidaklah harus memiliki makna tunggal. Bahasa atau Notasi yang setiap statementnya makna tunggal dikatakan bersifat Formal. Oleh karena itu bahasa pemrograman dikatakan bersifat Formal. Statement yang dinyatakan dalam notasi perantara antara bahasa natural dan bahasa formal bisa disebut precise jika mereka tidak formal sekali, namun memiliki sedikit peluang ambiguitas. Pseudocode bisa disebut notasi precise. Saat ini ada banyak area potensial untuk pengaplikasian Notasi Formal.

Notasi Formal adalah adalah cara yang ringkas dan jelas untuk mengekspresikan sesuatu hal. Notasi formal berisi sistem pernyataan simbolis yang diatur secara ketat oleh set-set aturan yang telah ditetapkan secara baik. Notasi formal juga merupakan suatu tata bahasa (Grammar) yang dimengerti oleh komputer. Dikatakan dimengerti oleh komputer sebab, ini merupakan suatu proses atau tata cara perubahan suatu operasi yang dimengerti oleh manusia kemudian dirubah (diterjemahkan) ke suatu bentuk yang akan dimengerti oleh komputer, Hal ini sangat berhubungan dengan pemrograman. Jika kita ingin membuat suatu program, kita haruslah membuat kode(Coding) yang dapat dimengerti oleh bahasa pemrograman yang kita pakai dan bahasa pemrograman yang kita pakai harus didefinisikan secara tepat. Grammar merupakan pembentuk atau pengatur struktur dari kalimat pada suatu bahasa.

Grammar terdiri dari himpunan yang hingga yang tak hampa dari aturan atau produksi, yang menspesifikasikan sintaks dari bahasa. Di sini berarti juga, Grammar menentukan kalimat pada bahasa. Studi tentang Grammar merupakan subbidang yang penting dalam Ilmu Komputer. Studi ini disebut Teori Bahasa formal. Bidang in pada tahun 1950-an sangat ditekuni oleh Noam Chomsky yang memberikan model untuk matematika untuk Grammar, yang bersangkutan dengan studinya dalam bahasa natural (Natural Language). Pada tahun 1960 konsep Grammar menjadi penting sekali dalam bidang pemrograman, karena sintaks dari bahasa pemrograman ALGOL 60 telah menggunakan konsep Grammar Formal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar