29 Nov 2010

Procedure pada PASCAL

· Buka program Turbo Pascal, kemudian buka halaman baru.

· Ketikkan syntak seperti pada gambar dibawah ini.

· Save program agar program yang telah kita buat dapat aman bila terjadi error pada Turbo Pascal, dan kita dapat membuka program ini bila kita ingin mengubah program ini.

· Pada baris ketiga, digunakan syntak procedure, syntak procedure digunakan untuk procedure garis. Garis yang digunakan adalah garis minus (“-“) putus-putus yang digunakan untuk membatasi dengan judul.

· Pada baris keenam digunakan syntak procedure, syntak procedure digunakan untuk procedure judul. Judul yang digunakan pada procedure ini adalah kata “PASCAL”.

· Bagian {Modal utama} sampai baris terakhir adalah bagian yang akan ditampilikan pada program yang akan di running.

· Pada baris 14 sampai dengan baris ke 19, merupakan bagian yang akan dicetak pada program yang telah di running.

· Maka hasil dari syntak dapat dilihat pada hasil Output.

Logika program :

Pada program ini digunakan fungsi procedure.fungsi procedure yang digunakan ada 2. yaitu untuk procedure garis dan untuk procedure judul. Pada procedure garis diberikan tanda minus (“-“) putus-putus sebagai garis pemisah. Sedangakan pada procedure judul diberikan kata “PASCAL”.

Pada baris ke 14 sampai dengan baris ke 19 berisi :

clrscr;

garis;

judul;

garis;

judul;

garis;readln;

hal ini dimaksudkan agar tercetak hasil output sesuai dengan baris ini. Dimana hasil output akan dimulai dengan garis putus-putus, kemudian pada baris dibawahnya akan dicetak kata PASCAL, begitu seterusnya hingga terakhir ditutup dengan garis.

Untuk lebih jelasnya kita dapat melihat pada hasil output dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar